Find us on Google+ Cara Membuka Command Prompt di Windows XP, 7, Vista - Dani Sukma | Blog Dani | Belajar SEO

Thursday, December 12, 2013

Cara Membuka Command Prompt di Windows XP, 7, Vista

Tags : Cara Memasang Label Breadcrumb di Blogspot, Cara Membuat Screenshot di Komputer

Cara Membuka Command Prompt di Windows XP, 7, Vista

Buka,Membuka Command Prompt di Windows XP, 7 dan Vista Melalui Windows Explorer dengan Cara Klik Kanan Mouse


Cara Membuka Command Prompt di Windows XP, 7, Vista - Shortcut Open Command Window Here. Posting kali ini-pun hanya sekedar berbagi pengalaman pemilik blog yaitu saya Dani Sukma D.K. Bukan Bahasan yang advance, hanya mengupas dari sudut pandang nubie, jadi jika yang anda cari apa itu command prompt ? apa kegunaan,fungsi command prompt ? perintah - perintah dasar command prompt. Mungkin hanya gambaran secara umum yang anda dapatkan di posting ini.

Pengertian,Apa itu Command Prompt ?


Apa itu Command Prompt ? mengutip dari situs pcsupport.about.com Pengertian Command Prompt adalah aplikasi interpreter baris perintah (Command Line Interpreter) yang tersedia di sebagian besar sistem operasi windows. Lalu apa itu interpreter baris perintah (Command Line Interpreter) ? masih dari sumber yang sama pengertian interpreter baris perintah (Command Line Interpreter) adalah suatu program untuk memasukan perintah dan mengeksekusi perintah tersebut ke sistem operasi. Dalam sebagian besar sistem operasi windows, Command Line Interpreter yang utama adalah command prompt.

Cara Menjalankan Command Prompt di Windows


Bagaimana cara membuka, menjalankan Command Prompt ? perhatikan gambar di bawah ini, Ilustrasi gambar berikut menunjukan cara menampilkan command prompt melalui start menu. alternatif lain adalah dengan menekan tombol Win + R  pada keyboard Secara Bersamaan, lalu ketik cmd pada pop up run (jalankan) yang muncul, klik tombol ok.

Cara Menjalankan Command Prompt di Windows
Menjalankan Command Prompt

cara menampilkan command prompt

Secara default Command Prompt akan terbuka di folder setting user pada folder documents and settings (lihat gambar pembuka di awal posting). Lalu Bagaimana Cara Berpindah Folder dalam Command Prompt ? :) Dulu waktu bersekolah di SEMPANA (SMP 6) yang sekarang menjadi SLTPN 9 Tangerang saya sempat mengikuti ekstrakurikuler komputer MS-DOS. beberapa perintah dos,command prompt dasar diantaranya untuk berpindah folder, membuat folder, menghapus folder bisa anda lihat pada tutorial video yang akan dipublish dalam waktu dekat.

Cara Menjalankan, Membuka Command Prompt dari Jendela Explorer


Bagi anda yang terbiasa dimudahkan dengan GUI Windows (termasuk saya.. :p) pasti merasa sedikit kerepotan menggunakan command prompt, double klik, klik kiri, klik kanan, drag & drop tidak bisa digunakan dalam command prompt, setiap aksi harus ditulis dalam baris perintah, termasuk berpindah folder. bisa dibayangkan jika terdapat ratusan jumlah folder dengan banyak nama, pasti lebih mudah mengaksesnya melalui window explorer. (lagian siapa yang mau pake cmd ??) he2.. namanya juga sharing, kalau ditanya apa manfaat / kegunaan command prompt ? dari pengalaman saya sebagai nubie, melalui command prompt dengan beberapa baris perintah yang sudah banyak dishare rekan-rekan bloger dapat menampilkan / menyembunyikan file / folder yang disembunyikan virus, test koneksi jaringan, shortcut untuk melihat setting ip jaringan (ipconfig).

Kembali ke topik sub judul diatas mengenai cara membuka / menjalankan command prompt di windows explorer, untuk windows xp terlebih dahulu anda diharuskan menginstal CmdHerePowerToysSetup.exe untuk mendapatkannya silahkan anda googling, atau tulis pada form komentar di bawah untuk dikirimkan via e-mail. setelah anda berhasil menginstal aplikasi tersebut, muncul menu baru Open Command Window Here pada saat anda meng-klik kanan sebuah folder.



Sekarang anda bisa membuka command prompt pada folder manapun dengan mudah di sistem operasi windows xp :) lalu bagaimana cara menjalankan command prompt di windows explorer windows vista & windows 7 ? dari sebuah posting rekan blogger yaitu dengan cara menekan tombol shift bersamaan dengan klik kanan pada folder yang dimaksud. Demikian posting Cara Membuka Command Prompt di Windows XP, 7, Vista semoga bermanfaat. di awal posting saya menjanjikan mengenai perintah dasar pada command prompt, karena keterbatasan waktu materi tersebut akan dipublish bersamaan dengan video tutorial. terima kasih atas kunjungannya. :)

No comments:

Post a Comment

Blog Widget by LinkWithin