Find us on Google+ Hard Disk Tidak Terbaca, Terdeteksi Install Windows XP - Dani Sukma | Blog Dani | Belajar SEO

Wednesday, May 13, 2015

Hard Disk Tidak Terbaca, Terdeteksi Install Windows XP

Hardisk tidak terbaca saat install windows XP di Laptop | Netbook


Hard Disk Tidak Terbaca, Terdeteksi Install Windows XP

Solusi Hard Disk tidak Terdeteksi Saat Install Windows XP


danisukma.blogspot.com - 2 hari yang lalu ada tetangga yang berkunjung ke rumah, dia meminta bantuan saya untuk me-restrore OS Windows 7nya yang tidak mau booting. Berhubung kami tidak memiliki master OS Windows 7, dia berinisisatif untuk menginstall ulang laptop Toshiba F3 miliknya dengan Windows XP. Seperti biasa saya melakukan prosedur untuk insatall sistem operasi yaitu mengubah urutan booting di BIOS mengarahkan agar CD Room berada di urutan pertama.

Setup did not find any hard disk drives installed in your computer



Tapi proses berhenti ditengah jalan, muncul pemberitahuan bahwa hardisk tidak ditemukan, sebagai orang awam saya berasumsi kabel hardisk terlepas, jujur baru kali ini saya mengalaminya. Lalu saya coba mencari solusi di google dengan kata kunci : “Setup did not find any hard disk drives installed in your computer” 

Cara Install Windows XP pada Hard Disk SATA


Ternyata banyak yang mengalami permasalahan seperti yang kami hadapi. Menurut sebuah sumber hal tersebut disebabkan pada saat windows XP dibuat SATA Chipset dan Hardisk SATA belum beredar di pasaran, karenanya dukungan terhadapa SATA belum dimasukan kedalam Proses Setup XP. Maka jika Anda coba menginstall Windows XP pada Hradisk SATA, XP tidak akan mengenalinya karena pada CD instalasi XP drivernya belum ada.

Cara Merubah Mode SATA menjadi IDE di BIOS



Ada beberapa cara agar bisa menginstall Windows XP pada Hardisk SATA, menurut saya yang paling mudah, sudah saya coba dan berhasil adalah dengan mengubah SATA mode ke IDE pada BIOS. Kebanyakan BIOS dalam beberapa tahun terakhir menyertakan fallback mode yang dapat membuat Hard Disk SATA menjadi seperti Hardsik IDE sehingga dapat terbaca oleh proses setup windows XP. Tapi masalahnya menu setup fallback mode tersebut memiliki nama dan berada pada bagian yang berbeda di beberapa BIOS

Laptop Toshiba F3 misalnya, saya merubah setting SATA dari Enhanced menjadi Compatible, Coba nda telusuri sendiri masing-masing menu pada BIOS, cari setting dengan kata kunci SATA, berikut adalah beberapa contoh letak fallback mode tersebut yang bersumber dari raymond.cc :

Integrated Peripherals > SATA Devices Configuration > SATA Mode > [IDE]
Integrated Peripherals > Serial ATA Function > Base
Storage Configuration > SATA Mode Selection > Emulated PATA Mode
SATA Configuration > SATA Configuration [Enhanced] > Configure SATA as > IDE
Integrated Peripherals > South OnChip PCI Device > SATA Controller > IDE Mode

Demikian posting Cara Install Windows XP Pada Hard Disk SATA, kesimpulan-nya Hard Disk yang tidak terbaca / terditeksi saat proses instalasi windows XP disebabkan driver untuk SATA belum ada pada CD Setup Windows XP, untuk mengatasinya dengan cara merubah mode SATA menjadi IDE di BIOS atau secara manual memasukan driver SATA ke dalam CD setup Windows XP menggunakan nlite dll. Semoga bermanfaat.

sumber :

Posting Terkait Hard Disk Not Detected Install Windwos XP:

Blog Widget by LinkWithin