Find us on Google+ Cara Hosting File Javascript dan CSS di Google Drive - Dani Sukma | Blog Dani | Belajar SEO

Friday, October 31, 2014

Cara Hosting File Javascript dan CSS di Google Drive


Alternatif Hosting Gratis Javascript dan CSS


Cara Menyimpan File Javascript di Google Drive - Alternatif Hosting File Javascript selain di Yourjavascript.com dan Dropbox.com.  Setelah beberapa hari yang lalu saya membuat posting cara internetan yang aman, kali ini saya menulis posting mengenai Cara Hosting File Javascript dan CSS di Google Drive, posting kali ini berdasar referensi dari helplogger.blogspot.com.

Mempercantik tampilan blog menjadi salah satu cara menarik pengunjung untuk betah berlama-lama di blog kita, menambahkan slide gambar, widget-widget seperti facebook like box, LinkWithin dll termasuk scrolling recent post, perhatikan bagian recent post di sidebar blog ini. widget tersebut berasal dari newbloggertips.com. blog tersebut men-share banyak widget dan tools blogspot. untuk menggunakan-nya tinggal copy script lalu tempel di widget html pada pengaturan layout blog.

Tapi beberapa minggu ini (saya kurang tahu pastinya, maklum sudah lama absen nge-blog) Scrolling Recent Post tersebut tidak tampil, setelah diperhatikan widget tersebut membutuhkan 3 file yang berasal dari luar blog (dihosting terpisah) yaitu file jquery, dan dua file lainya. untuk file jquery saya tidak ambil pusing karena google sendiri sudah menyediakan-nya, tapi untuk dua file yang lain ternyata disimpan di dropbox, setalah saya coba telusuri ternyata filenya menjadi forbidden, mungkin karena ini widget tersebut tidak berfungsi.

Karena mengkhawatirkan hal ini, beruntung saya sudah men-download ke dua file tersebut,lalu saya mencari cara menghosting file javascript selain di dropbox, hasil googling didapatlah alternatif hosting javascript di yourjavascript.com, tapi sayang pada waktu itu situs yourjavascript sedang dimaintenance dan terpaksa saya mencari alternatif lain. Akhirnya saya menemukan solusinya setelah berkunjung ke helplogger.com. Berikut adalah langkah-langkahnya :

Cara Hosting Javascript dan CSS di Google Drive


1. Persiapkan File Javascript/CSS - Pastikan Anda sudah memiliki file javascript atau css yang akan diupload, jika belum Anda dapat membuatnya terlebih dahulu dengan menggunakan text editor notepad++, dreamweaver atau notepad biasa. beri .js (dot js) untuk file javascript dan .css (dot css) untuk file css.


2. Upload File ke Google Drive - Login ke Google Drive dangan akun gmail Anda, setelah login buat folder baru dengan cara meng-klik tombol create di kiri atas lalu pilih menu folder, beri nama folder sesuai keinginan.

Buat Folder Baru di Google Drive

Beri nama sesuai keinginan

Buka folder yang sudah dibuat lalu tekan tombol upload (gambar panah merah yang menunjuk keatas) lalu klik menu file, pilih file javascript atau css yang akan diupload ke google drive.tunggu sampai proses upload selesai, lalu klik link share

Upload file javascript / css ke dalam folder baru di Google Drive

Share file yang sudah diupload untuk public

klik link tombol advanced untuk mendapatkan opsi sharing lebih banyak, lalu akan muncul pop up pengganti, klik change pada pilihan kategori who has acces untuk mengganti private menjadi public on the web. Tekan tombol save. Copy link share pada Sharing setting ke dalam text editor (notepad/notepad++),lalu klik tombol Done.

Klik tombol advanced untuk mendapatkan opsi lebih banyak

Klik change untuk merubah private pada who has access

Pilih On - Public on the web, kemudian tekan tombol save

Copy Link to share ke dalam text editor (notepad/notepad++)

3. Memasukan Link Ekstrnal Javascript/Css ke Dalam Template Blogger - Sebelum Anda dapa melakukanya, terlebih dahulu Anda harus mengganti 'https://drive.google.com/file/d/' menjadi 'https://googledrive.com/host/' dan hilangkan '/view?usp=sharing'

contoh dibawah ini adalah link sharing file javascript yang saya simpan di Google Drive
https://drive.google.com/file/d/0B8DL8tRrzsTpRjlZRmh3ZklmTzA/view?usp=sharing
Perhatikan text yang berwarna biru setelah /file/d/ itu adalah ID file yang digunakan untuk meng-akses file tersebut melalui servis hosting baru yang diawali dengan URL Berikut :
https://googledrive.com/host/
Berikut Link baru setelah dirubah (hilangkan /view?usp=sharing ) :
https://googledrive.com/host/0B8DL8tRrzsTpRjlZRmh3ZklmTzA
Sekarang login ke akun blogger Anda, setelah berada di dashboard pilih menu template disebelah kiri lalu klik tombol edit html pada tampilan preview layout blog.


Jika Anda ingin memasukan file css, klik di didalam kotak kode template, tekan Ctrl + F secara bersamaan kemudian ketik tag dibawah ini dalam input search box lalu tekan enter
<head>
Tepat dibawah tag tersebut masukan baris script berikut ini :
<link rel="stylesheet" type="text/css" href="https://googledrive.com/host/0B8DL8tRrzsTpOEZEN2haS21yMG8" />
Rubah https://googledrive.com/host/0B8DL8tRrzsTpOEZEN2haS21yMG8 dengan link file css milik Anda. untuk file javascript ketik tag dibawah ini dalam input box lalu tekan enter
</body>
Tepat diatas tag tersebut masukan baris script berikut ini :
<script src='https://googledrive.com/host/0B8DL8tRrzsTpOEZEN2haS21yMG8' type='text/javascript'></script>
Demikian posting Alternatif hosting gratis file javascript dan css selain dropbox dan yourjavascript semoga dapat bermanfaat, baca juga posting saya yang lain mengenai cara membuat menu horisontal bertingkat di blogspot atau cara mengetahui ID Facebook

Blog Widget by LinkWithin